Sewa Mobil di Bali

Perbandingan antara Avanza dan Innova

Tidak bisa dipunkiri avanza dan innova sudah menjadi mobil yang melekat dihati masyarakat Indonesia. Apalagi kehadiran innova yang diawali pada tahun 1975 dan terus berkembang sampai artikel ini ditulis. Pada dasarnya avanza adalah versi lebih ekonomis dari innova yang harganya semakin lama semakin melangit. Baiklah akan kami bahas keunggulan masing masing kendaraan sejuta umat ini

  • Dimensi
    Dilihat kasat mata, panjang dan lebar avanza memang lebih kecil dari innova. Innova dengan body lebih bongsor dan plat body yang digunakan lebih tebal menjadikan kendaraan ini lebih tangguh dan berwibawa. Sedang avanza tampil dengan lebih sederhana dan plat body yang digunakan lebih tipis menjadikanya ringan, lincah dan penggunaan bahan bakar cukup ekonomis. Memang ada beberapa isu mengenai tipisnya plat body yang digunakan oleh avanza. Ada beberapa kawan yang bilang kalau avanza gampang penyok kalau tabrakan. Pendapat itu ada benar dan ada tidaknya juga. Sebenarnya yang melindungi penumpang dari dampak tabrakan adalah tulang rangka atau sasis. Jadi sebenarnya tidak terlalu masalah juga tentang ketebalan plat body ini. Bisa diibaratkan bangunan dengan struktu tulang beton yang kuat. Meskipun temboknya dari bata merah atau yang lain. Tetap akan kokoh. Untuk point dimensi saya lebih pilih avanza.

  • Kapasitas Penumpang
    Jumlah tempat duduk avanza dan innova sama sama untuk 1 driver dan 5 penumpang. Tapi dengan ukuran bangku tengah yang lebih lebar dari avanza. Innova masih nyaman diduduki oleh 3 penumpang ditengah. Untuk jenis Innova luxury bangku tengah model captain seat / king-queen seat. Tapi kami tidak begitu suka innova jenis ini, karena mengurangi kapasitas penumpang. Innova itu ya keunggulannya bisa memuat penumpang lebih banyak. Kategori jumlah tempat duduk kami pilih Innova.

  • Kenyamanan
    Avanza masih dianggap kurang nyaman bantingan suspensinya dibanding innova, untuk rute jalan yang sama, misalnya bergelombang. Avanza terasa lebih ajrut-ajrutan. Sedangkan innova anteng, dia lebih bisa meredam buruknya jalan. Keunggulan innova juga terasa saat kecepatan diatas 120 Kpj, tidak terasa limbung, ban seperti mantap menjejak aspal, bila dibanding avanza yang terasa limbung dan sepertinya berbahaya diatas 120 kpj. Begitu juga untuk kenyamanan mengemudi, meskipun stir avanza sekarang sudah dilengkapi dengan elektornik power steering, yang membuat stir avanza sangat ringan, tapi kok kami merasa terlalu ringan. Innova agak berat tapi mantap. Pada point ini Innova menang.

  • Tenaga
    Avanza digerakan oleh mesin bensin 1300 CC dan 1500 CC. sedangkan Innova ditenagai oleh 2000 CC bensin dan 2.500 CC Turbo Diesel common rail. Menurut kami. Innova bensin yang paling buruk performanya. Perbandinganya adalah Power to Weight. Avanza meskipun ber CC kecil tapi ditunjang bobotnya yang ringan terasa bertenaga di setiap putaran. Baik transmisi automatic atau manual. Avanza matic termasuk mobil favorit kami. Karena bisa angkut banyak penumpang, bbm lumayan irit, tarikan ringan, body tidak terlalu bongsor, lincah dan tentunya matic lebih nyaman. Untuk Innova Diesel bertransmisi automatic adalah mobil sangat mencuri perhatian kami. Terutama tenaganya yang besar untuk mobil keluarga. Tarikannya membuat kepala lengket di headrest. Untuk ini Avanza dan innova sama sama unggul. Karena avanza mantap di perkotaan dan innova diesel mantap di tanjakan.

  • Interior
    Avanza lama memiliki bahan interior yang lebih tahan gores dibanding avanza. Interior avanza baru memang elegant cantik. Tapi sayangnya tidak diikuti oleh material yang elegan juga. Kami lebih memilih interior avanza lama. Biarpun tidak cantik tapi cukup tahan gores. Ini penting karena avanza banyak digunakan sebagai armada perusahaan, rental dan lain lain. Sehingga memerlukan bahan yang kuat. Innova meskipun sejak awal kemunculannya tidak ada yang berubah, tapi Oklah. Kami cukup kecewa karena bertahun2an innova tidaka ada innovasi signifikan terhadap interiornya.

  • Konsumsi BBM
    Urutan paling irit.

    1. Avanza
    2. Innova Diesel
    3. Innova Bensin

Kalau anda berniat membawa keluarga untuk jalan jalan dan membutuhkan kendaraan lapang, irit bahan bakar dan bertransmisi otomatis maka Innova diesel automatic lah jawaban yang paling tepat.